DAFTAR ALAT TULIS UNTUK PELAJAR SEKOLAH


Demi menunjang kegiatan belajar para siswa dan siswi disekolah maka maka para siswa dan siswi diusahakan agar membawa peralatan dan alat tulis dengan lengkap. Umumnya kita sekadar hanya mengenal apa itu bolpoin, pensil, dan buku saja, akan tetapi dijenjang berikutnya maka anda akan menemukan jenis alat tulis baru hal ini karena beberapa jenis pelajaran dituntut untuk mengenakan alat tulis teresebut.

Beberapa alat tulis ini terkadang juga hanya digunakan ketika memasuki suatu BAB khusus, dimana setelah BAB tersebut selesai maka alat tulis tidak dipakai lagi. Selain itu alat tulis pelajar juga bersifat menunjang pelajaran, contohnya buku catatan kecil. Buku catatan seperti ini tidaklah wajib, biasanya dipakai untuk menulis catatan-catatan kecil supaya lebih mudah diingat, contoh menulis jadwal tugas PR.

Alat tulis kadang dibutuhkan meskipun kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring, tetap saja bagi anak didik disekolah, memiliki kewajiban untuk belajar sendiri dirumah. Bentuk alat tulis terkadan didesain secara unik dan menarik, Bahkan saat ini tengah ramai ada set alat tulis yang memiliki warna-warni pastel sehingga secara tidak langsung dapat memotivasi anak untuk belajar, menulis catatan dengan rapi, hingga menghiasnya semenarik mungkin.

Catatan yang menarik dan apik kadang-kadang juga diunggah di media sosial mereka yang secara tidak langsung justru menjadi penyemangat bagi teman belajar yang membaca catatan tersebut. Lalu, apa saja ya alat tulis yang wajib dimiliki oleh anak sekolah saat ini? Yuk, simak ulasan berikut ini supaya Grameds mendapatkan inspirasi untuk mencatat materi sekolah dengan estetik!

Buku
Buku adalah peralatan wajib yang harus dimiliki oleh anak sekolah karena menjadi sarana atau media untuk menulis dan mencatat materi. Setiap tahun ajaran baru, biasanya toko alat tulis atau pusat grosir akan mengadakan diskon besar-besaran untuk penjualan buku.

Baik itu buku bergaris, buku kotak-kotak kecil, buku kotak-kotak besar, hingga buku untuk menulis halus (tulisan latin).

Nah, semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula alat tulis buku yang dimiliki oleh sebagian besar anak sekolah. Yap, buku tulis yang mereka gunakan sekarang ini tidak hanya sekadar buku tulis biasa, tetapi berupa binder yang dapat diisi berbagai jenis kertas.

Kelebihan dari penggunaan binder sebagai buku adalah lebih menghemat kertas yang tidak sempat dijadikan catatan materi sehingga dapat digunakan untuk kelas selanjutnya. Selain itu, kertas “isi ulang” dalam binder terkesan lebih menarik, menjadikan anak lebih semangat untuk menulis dan membaca catatan materi.

Pensil
Alat tulis selanjutnya adalah pensil. Kelebihan dari penggunaan pensil adalah apabila tulisan tersebut salah, kita dapat menghapusnya dengan penghapus yang telah tersedia. Pada zaman sekarang, pensil tidak hanya yang berbentuk pensil biasa saja tetapi ada juga yang berbentuk mekanik.

Untuk pensil biasa, apabila ujungnya sudah tumpul pasti tidak nyaman untuk digunakan. Maka dari itu, kita harus menyediakan juga rautan pensil. Rautan pensil ini juga memiliki banyak bentuknya, ada yang berbentuk kecil dan sederhana, tetapi ada juga yang berbentuk besar dan rautannya diputar. Bahkan saat ini, ada juga rautan pensil elektrik yang dapat secara otomatis meraut pensil tersebut hingga menjadi runcing.

Untuk pensil mekanik ini lebih efisien karena ujung pensil tidak akan tumpul. Selain itu, kita tidak perlu merautnya karena cukup mengisi ulang “batangan” isi pensil tersebut di tempat yang sudah disediakan. Perlu diketahui bahwa kita harus memilih isi pensil yang berkualitas supaya ketika menulis, ujung pensil tidak terus-menerus patah dan mengganggu konsentrasi belajar.

Nah, setelah membahas pensil, tidak tepat rasanya apabila tidak membahas penghapus. Yap, penghapus adalah alat tulis pelengkap pensil. Untuk memilih penghapus, lebih baik yang memiliki kualitas tinggi supaya ketika menghapus, tulisan tidak akan “meluber” atau bahkan kertas menjadi sobek.

Bolpoin
Bolpoin adalah alat tulis yang wajib dimiliki oleh pelajar untuk menulis selain pensil. Bolpoin biasanya digunakan oleh pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), dan warna yang boleh digunakan ketika proses ulangan dan ujian adalah warna hitam.

Namun, apabila digunakan untuk mencatat materi, tentu saja diperbolehkan menggunakan bolpoin berbagai warna. Hal tersebut supaya dapat memotivasi keinginan di dalam otak untuk semangat menulis dan membaca ulang catatan materi tersebut untuk belajar.

Tipp-Ex
Sama halnya dengan pensil yang memiliki penghapus sebagai alat untuk menghapus tulisan yang salah, bolpoin juga memiliki Tipp-Ex. Tipp-Ex atau correction tape adalah sebuah alat tulis yang digunakan untuk menghapus tulisan bolpoin. Sebenarnya, nama alat tulis Tipp-Ex ini besar dari frasa “Mistake Out” yang artinya ‘kesalahan kabur’.

Tipp-Ex memiliki dua macam, yakni yang berbentuk cair dan berbentuk seperti pita kaset.

Spidol
Spidol memiliki bentuk yang hampir sama dengan bolpoin, tetapi ujung spidol ini lebih lunak dan isinya kadang lebih “cair” daripada isi bolpoin. Penggunaan spidol biasanya supaya tulisan lebih tebal.

Namun ternyata, spidol juga bisa dipakai untuk menulis catatan materi pelajaran supaya lebih estetik lho! Apalagi spidol ini memiliki beragam warna, tidak hanya warna hitam saja. Menulis dengan menggunakan spidol biasanya mengandalkan teknik lettering. Bagi kamu yang menyenangi hal-hal berkaitan dengan seni gambar pasti tidak asing dengan keberadaan drawing pen. Nah, drawing pen tersebut juga bisa dijadikan sebagai “pengganti” spidol untuk teknik lettering dalam menulis catatan materi pelajaran lho…

Stabilo atau Highlighter
Pasti sudah tidak asing dengan keberadaan stabilo atau highlighter ini. Yap, ini adalah salah satu alat tulis wajib yang dimiliki anak sekolah yang berguna untuk menandai atau menyorot tulisan materi penting di buku.

Perlu diketahui bahwa ternyata stabilo ini sudah ada padanan kata dalam Bahasa Indonesia lho… Ada beberapa opsi, yakni “penyorot”, “penanda warna”, dan “pena penanda”. Meskipun dalam menyebutkan dua kata tersebut masih agak “kagok”, tetapi akan lebih baik jika kita menggunakan padanan Bahasa Indonesia tersebut ya…

Stabilo ini hampir sama dengan spidol yakni memiliki beragam warna yang menarik, terutama warna-warni pastel yang terkesan “kalem” untuk dipandang di sebuah buku catatan.

Sticky Note
Sticky note atau kertas catatan ini memiliki bentuk kecil dan terdapat perekat di bagian belakangnya. Biasanya, sticky note ini akan digunakan sebagai catatan kecil yang berkaitan dengan materi kemudian ditempel di buku pelajaran atau buku catatan.

Keberadaan sticky note ini memang terlihat sepele padahal ternyata sangat berguna bagi pelajar. Apalagi jika sedang mempelajari mata pelajaran yang penuh dengan istilah asing, misalnya Biologi, Kimia, Sejarah, hingga bahasa asing.