SPEK LAPTOP 2023 UNTUK PROGRAMER YANG LAYAK DI PAKAI 4 TAHUN KEDEPAN


Memilih laptop yang tepat untuk programming bisa jadi merupakan hal yang sulit, apalagi jika belum memiliki pengalaman menggunakan laptop. Beberapa faktor seperti banyaknya pilihan yang tersedia baik merek, model, spesifikasi CPU, RAM, dll beserta dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing bisa dengan mudah membuat Anda bingung.

Memang sangat mungkin untuk menulis ratusan bahkan ribuan barisan kode pemrograman pada hampir semua laptop. Namun akan lebih produktif jika menggunakan komputer yang sesuai dengan kriteria jenis aktivitas seorang pemrograman yang menggunakannya. Selain itu, kita tidak bisa menyamaratakan spesifikasi laptop untuk seluruh programmer. Sebab, pekerjaanya programer itu bisa berbeda dan aplikasi serta tools yang digunakan pun bisa berbeda pula antara satu dengan yang lain.

Spesifikasi Umum Yang Di Butuhkan Programer

  • CPU Memiliki fitur Virtualization
  • RAM Setidaknya 8GB
  • Menggunakan Panel LED Supaya Mata Tidak Mudah Lelah

Tentunya sebagai programer apalagi pemula, menginginkan spek laptop yang sesuai dengan harga yang murah. Apalagi masih pengangguran dan membeli laptop masih menggunakan uang orang tua, menginginkan laptop semurah mungkin dan handal untuk koding.

Namun, jika Anda adalah seorang purchasing staff atau seorang pengusaha yang sedang mencari laptop untuk para programmer di perusahaan Anda, berikut adalah sejumlah hal yang perlu Anda pertimbangkan baik dalam hal spesifikasi hingga merek laptop.

Processor
Central Processing Unit (CPU) merupakan komponen paling penting dalam sebuah komputer. Prosesor akan sangat mempengaruhi performa komputer. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih spesifikasi yang tinggi baik dalam hal jumlah core, cache memory dan thermal paste yang baik. Secara general, berikut adalah pilihannya:

  •  Intel® Core™ i5 atau Core i7 generasi 10 atau generasi 11.
  • AMD Ryzen 5 5600 G atau AMD Ryzen 7 5700 G.

Memory (RAM)
Untuk kebutuhan programming, laptop dengan RAM di 8GB sudah cukup untuk mendukung belajar pemrograman. Namun jika anda telah naik pangkat menjadi developer RAM 8GB masih kurang. Alasannya karena pekerjaan coding mengharuskan seorang developer untuk menjalankan banyak aplikasi, banyak proses latar belakan yang ujungnya banyak mengkonsumsi RAM. Maka dari itu minimal spesifikasi RAM yang dibutuhkan adalah 16GB.

Monitor
Bagi seorang programmer, layar laptop merupakan salah satu elemen terpenting yang wajib diperhatikan saat membeli laptop. Mengembangkan sebuah program mengharuskan programmer untuk bekerja di depan laptop dalam waktu yang lama. Untuk itu, spesifikasi monitor harus mendukung multitasking dan cukup tajam sehingga memberikan pengalaman membaca yang nyaman. Monitor dengan spesifikasi Full HD 1920 x 1080 (1080p) dan ukuran 15 inchi merupakan spesifikasi standar untuk programming dan setidaknya sudah mendukung teknologi IPS.  

Storage
Solid State Drive (SSD) menjadi spesifikasi standar yang harus ada pada laptop programming. Dibandingkan Hard disk mekanik biasa, SSD akan memberikan kecepatan yang menunjang operasional saat melakukan booting komputer, compiling, hingga membuka aplikasi. Untuk kapasitasnya, spesifikasi standar yang dibutuhkan adalah 256GB hingga 1TB SSD.
 

Dedicate Graphic Atau Integrated
Pekerjaan programming tidak membutuhkan kualitas grafis yang tinggi. Oleh karenanya, Anda dapat menghemat bujet dengan membeli laptop yang telah dilengkapi integrated GPU. Ketimbang menggunakan dedicated GPU, alihkan bujet untuk meningkatkan spesifikasi prosesor atau memory.

Nah, demikianlah ulasan mengenai spesifikasi laptop untuk programming yang harus Anda pertimbangkan.