SPEK LAPTOP UNTUK PRESENTASI MAHASISWA


Mahasiswa saat ini dihadapkan pada tugas yang bersifat presentasi, tugas ini menuntut mahasiswa untuk menggunakan laptop yang memiliki kriteria tertentu, yaitu : memiliki port VGA atau juga HDMI, mampu menjalankan aplikas Power Point dengan lancar, handal tidak lemot ketika dipakai mengerjakan tugas dan memiliki harga yang terjangkau bagi mahasiswa..

Dengan tugas mahasiswa yang mengarah ke presentasi, laptop sudah tidak hanya menjadi kebutuhan kaum pekerja saja, pelajar dan mahasiswa juga menggunakan laptop. Tak heran jika kemudian berbagai brand, baik lokal maupun mancanegara, mengeluarkan spesifikasi laptop yang sesuai untuk kalangan ini. Laptop ini sebenarnya memiliki harga yang cenderung murah, karena presentasi tidak membutuhkan spesifikasi khusus, artinya hampir semua laptop memiliki dukungan spesifikasi yang dibutuhkan untuk presentasi.

Namun kami tetap akan mengumpulkan ciri-ciri dan daftar model yang masuk ke kreteria harga dan performa dimana hal itu kami harap dapat membantu kaum mahasiswa ketika memilik laptop untuk tugas presentasinya. Bagi kamu yang ingin mencari laptop untuk kebutuhan sekolah atau kuliah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli. Berikut tips ketika memilih Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa :


  • Pilih spesifikasi laptop sesuai kebutuhan. Sebelum membeli, ketahui terlebih dahulu software yang ingin kamu gunakan nantinya. Jika laptop hanya untuk mengetik, browsing dan presentasi saja, kamu bisa membeli yang standar. Namun, kalau kamu berkuliah dengan aplikasi khusus yang lain, sebaiknya cek lagi kesesuaian spesifikasi dengan kebutuhanmu. Cara melihat spesifikasi laptop bisa dengan mengecek situs resmi brand-nya atau bertanya langsung ke penjual.
  • Perhatikan bujet. Kamu mungkin sudah memiliki laptop incaran sendiri. Beberapa brand laptop mungkin memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding merek lainnya dengan spesifikasi yang sama. Pastikan kamu memilih merek dan tipe yang sesuai kantong.
  • Pilih laptop dengan daya baterai tinggi. Kalau kamu banyak melakukan mobilitas seharian, pastikan baterai laptop kamu berdaya tahan tinggi. Belilah yang setidaknya mampu digunakan selama kurang lebih tujuh jam.
  • Pilih laptop dengan VGA atau HDMI untuk memudahkan presentasi. Kedua port tersebut wajib tersedia karena di pakai untuk menghubungkan laptop ke layar proyektor. Umumnya menggunakan port VGA, jika laptop anda hanya mendukun port HDMI pastikan anda memiliki konverter HDMI to VGA, itu semacam alat supaya port VGA bisa diimasukkan ke port HDMI
  • Beli yang sudah pre-installed Sistem operasi Windows yang orisinal harganya memanG cukup mahal di pasaran. Akan tetapi ,embeli laptop yang sudah dilengkapi OS asli tentu akan meringankan beban dompetmu.
  • Beli laptop dengan ukuran sesuai dengan penggunaanmu. Pastikan kamu tidak kesulitan membawanya saat beraktivitas.
  • Spesifikasi RAM diatas 4GB. Ini berhubungan dengan kelancaran laptop ketika digunakan presentasi.


Nah laptop yang memiliki ciri-ciri diatas tidaklah selalu mahal, dengan harga 2-3jt anda sudah mampu memiliki laptop yang dapat digunakan untuk presentasi. Itu bisa menjadi pertimbangan yang menarik ketika kamu bingung memilih produk yang tepat. Cek detail spesifikasi masing-masing produk laptop tersebut dan pilih mana yang menurut kamu paling cocok untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran.